(0362) 27719
balitbang@bulelengkab.go.id
Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah

Inovasi Si Putri Memanen Matahari di Buleleng

Admin balitbang | 27 November 2023 | 523 kali

Senin, 27 Nopember 2023 Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah (Balitbang Inovda) Kabupaten Buleleng kembali melaksanakan monitoring dan evaluasi untuk menindaklanjuti Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 38 Tahun 2017 tentang Inovasi Daerah, dan Peraturan Bupati Buleleng Nomor 23 Tahun 2023 tentang Inovasi Daerah. Kegiatan dalam rangka mengoptimalkan nilai Indeks Inovasi Daerah yang diselenggarakan oleh Kementrian Dalam Negeri Republik Indonesia. Tiga Perangkat Daerah yang dikunjungi diantaranya; Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Dinas Pertanian, dan Dinas Perhubungan Kabupaten Buleleng.

 

Dinas PUPR memiliki inovasi yang masuk dalam SK Bupati Tahun 2023, yaitu Memanen Matahari, Ayam Plastik, dan Pengaspalan dengan limbah plastik. Inovasi ini masih berkelanjutan hingga sekarang dan masih dalam tahap penyempurnaan.

 

Dinas Pertanian saat ini memiliki tujuh usulan inovasi pada penginputan Indeks Inovasi Daerah, namun hanya satu yang diajukan yaitu Si Putri, dikarenakan keenam inovasi yang kemarin diusulkan belum memenuhi persyaratan administrasi di Kemendagri. Keenam inovasi tersebut adalah penggunaan perangkap likat kuning untuk pengendalian OPT Tanaman, aplikasi penggunaan pupuk PsB (Photosyntetic Bacteria) pada budi daya padi sawah, Pengendalian hama dengan pertisida daun mimba, pembuatan jadam sulfur, penanaman padi dengan sistem SRI (System Of Rice Intensification), dan Pembuatan silase.


Terakhir, Dinas Perhubungan memiliki dua inovasi yang sudah dilaksanakan, yaitu Call Center PJU yang merupakan layanan melalui media sosial dalam pengambilan tindakan pada permasalahan penerangan jalan umum, dan inovasi pendataan kondisi perlengkapan jalan dengan menggunakan google form dalam melakukan inventarisasi perlengkapan rambu jalan. Kedua inovasi tersebut masih berjalan hingga sekarang. #Wck.