(0362) 27719
balitbang@bulelengkab.go.id
Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah

BRIDA Lembaga Strategis dan Prospektif

Admin balitbang | 04 September 2023 | 750 kali

Mengutip pernyataan Gubernur Bali, I Wayan Koster saat memberikan sambutan pada acara penyerahan Surat Keputusan pPerpanjangan Penjabat Bupati Buleleng, Ir. Ketut Lihadnyana, M.M.A., Sabtu (27/8) di Gedung Kesenian Gede Manik Singaraja. Wayan Koster mengatakan, di awal kepemimpinan saya menjadi Gubernur Bali, ada 2 program yang harus prioritas diwujudkan. Pertama, penguatan Desa Adat dan pembentukan Badan Reset dan Inovasi Daerah - BRIDA. Nyatanya 2 program itu telah terwujud, untuk Desa Adat telah dibentuk Dinas Kemajuan Masyarakat Desa Adat Propinsi Bali. Dan yang kedua saat itu dibentuk Badan Riset dan Inovasi Daerah Bali - BARI (Sekarang BRIDA). Untuk desa adat sudahlah, sudah ada mengurus, saya tertarik dengan di balik pembentukan BRIDA yang ternyata akan menjadi badan strategis dan prospektif, apalagi program riset dan inovasi menjadi program strategis Pemerintah Pusat.

 

Program Riset dan Inovasi saat ini menjadi trend yang strategis dari Pemerintah Pusat, hingga Pemerintahan Daerah. Bahkan bidang yang satu ini menjadi program utama oleh setiap lembaga yang ada, baik lembaga pemerintah atau lembaga-lembaga swasta dalam memposisikan dirinya menjadi lembaga yang kreatif dan inovatif.

 

Semakin banyak melakukan penelitian dan kajian, maka semakin nyata kelihatan aspek pelayanan yang dilakukan oleh lembaga itu. Tidak heran kalau  banyak perusahaan atau lembaga melakukan kerjasama atau bahkan menyewa tenaga peneliti yang profesional untuk melakukan kajian-kajian ilmiah, guna mengetahui apa yang menjadi kebutuhan masyarakat atau konsumen terhadap pelayanan yang diberikan.


Memang sebuah penelitian yang dilakukan hingga menemukan sebuah kesimpulan, membutuhkan biaya mahal, namun hasil dari kajian itu akan bermanfaat bagi peningkatan performance lembaga atau perusahaan, bahkan akan memberikan keuntungan bagi perusahaan yang bisa melebihi dari biaya penelitian. #Roy.