(0362) 27719
balitbang@bulelengkab.go.id
Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah

Inovasi REDKAR Damkar Buleleng

Admin balitbang | 23 November 2023 | 672 kali

Kamis, 23 Nopember 2023, Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah (Balitbang Inovda) Kabupaten Buleleng kembali melaksanakan monitoring dan evaluasi untuk menindaklanjuti Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 38 Tahun 2017 tentang Inovasi Daerah, dan Peraturan Bupati Buleleng Nomor 23 Tahun 2023 tentang Inovasi Daerah. Kegiatan dalam rangka mengoptimalkan nilai Indeks Inovasi Daerah yang diselenggarakan oleh Kementrian Dalam Negeri Republik Indonesia. Tiga Perangkat Daerah yang dikunjungi diantaranya; Dinas Damkar, Dinas Ketapangikan, dan Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng.

 

Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) memiliki inovasi REDKAR (Relawan Pemadam Kebakaran), yaitu sebagai upaya mengoptimalkan peran serta masyarakat dalam Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan. Selain itu juga untuk meningkatkan ketangguhan masyarakat dalam menghadapi bahaya kebakaran. Dengan hadirnya REDKAR di tengah masyarakat, penanganan kebakaran diharapkan dapat mencapai respons time yang cepat dan dapat melakukan penanggulangan dini pascakebakaran. Inovasi ini masih berkelanjutan hingga sekarang.

 

Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (Ketapangikan) belum memiliki inovasi, tetapi dari hasil proyek perubahan pada diklat PIM terdapat Sistem Pembenihan Ikan Air Tawar Satu Atap Menuju Tersedianya Benih Ikan (SIASAT SATU EMPAT), dan Pendampingan Penguatan Lumbung Pangan Masyarakat. Dari proyek perubahan yang dihasilkan ini, akan dikombinasikan hingga menjadi sebuah inovasi yang menjadi solusi dalam memecahkan permasalahan pangan.


Terakhir, di Dinas Pariwisata terdapat satu inovasi yang sudah dilaksanakan, hanya saja belum diusulkan menjadi inovasi daerah yaitu slogan "Yuk Ke Buleleng". Slogan ini merupakan himbauan bahkan ajakan kepada wisatawan untuk berkunjung ke Buleleng, melalui kerja sama dengan hotel di Buleleng dalam rangka mempromosikan potensi. Kegiatan ini dilakukan melalui kanal youtube dan sosial media, untuk menyebarluaskan potensi pariwisata di Buleleng. Adapun inovasi yang sekarang masih dalam proses uji coba, yaitu "Visit North Bali". Ini merupakan aplikasi berbasis web yang dikembangkan secara digital dan online yang akan menjadi jendela utama pariwisata di Buleleng. Menyajikan informasi lengkap tentang segala hal yang berkaitan dengan pariwisata Buleleng serta akan dikembangkan dan segera diluncurkan di platform android. #Wck.