(0362) 27719
balitbang@bulelengkab.go.id
Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah

BRIDA Sebagai Fasilitator

Admin balitbang | 04 September 2023 | 815 kali

Nah bagaimana dengan kehadiran BRIDA? Bagi Pemerintah Daerah Kabupaten Buleleng, dengan kehadiran Badan Riset dan Inovasi Daerah, merupakan langkah strategis untuk menyusun secara teknis program kegiatan Kelitbangan.

 

Hal ini sejalan dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 17 Tahun 2016 tentang Pedoman Penelitian dan Pengembangan Kelitbangan di Kementerian Dalam Negeri dan Pemerintahan Daerah, sehingga BRIDA menjadi leading sektor dan mengambil peran mengkoordinasikan, memfasilitasi dan melaksanakan berbagai fungsi Kelitbangan, seperti penelitian, pengkajian, pengembangan dan mendorong budaya inovatif untuk menjawab persoalan pembangunan yang ada.

 

Penjabat Bupati Buleleng, Ir. Ketut Lihadnyana, M.M.A., dalam talkshow panggung terbuka di sela-sela acara Buleleng Development Festival, mengatakan tentang pentingnya sebuah karya inovasi. Ia menyatakan bahwa kalau saja setiap perangkat derah mampu melakukan satu kajian inovasi, maka akan sangat berpengaruh terhadap kinerja Pemerintah Daerah Buleleng, baik menyangkut IKKD maupun IDSD. Tetapi yang paling penting adalah bagaimana kajian-kajian penelitian yang dilaksanakan itu memberikan jawaban terhadap persoalan pembangunan yang ada dan dapat memberikan nilai tambah bagi masyarakat secara keseluruhan.


Dari pernyataan itu, jelas bahwa program kelitbangan berkorelasi lurus dengan Visi Pemerintah Daerah Buleleng, yaitu tewujudnya masyarakat Buleleng yang mandiri, sejahtera dan berdaya saing berlandaskan Tri Hita Karana. Namun demikian Lembaga BRIDA (Badan Riset dan Inovasi Daerah) masih menunggu peoses, dan sejalan dengan Lembaga BRIN yang ada di pusat. #Roy.