(0362) 27719
balitbang@bulelengkab.go.id
Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah

Membangun Desa Inovasi Untuk Indonesia Maju dan Sejahtera

Admin balitbang | 27 Maret 2024 | 1138 kali

Rabu, 27 Maret 2024 Kepala Bidang Inovasi dan Teknologi Balitbang Inovda Buleleng mengikuti Webinar Diseminasi dan Pemanfaatan Riset dan Inovasi Daerah Seri 1 Tahun 2024, dengan tema “Membangun Desa Inovasi Untuk Indonesia Maju dan Sejahtera”.

 

Webinar diselenggarakan oleh Deputi Bidang Riset dan Inovasi Daerah BRIN, dengan dibuka oleh Direktur Diseminasi dan Pemanfaatan Riset dan Inovasi Daerah, serta dihadiri oleh Kepala BRIDA/BAPPERIDA/BALITBANGDA/BAPPEDA Provinsi/Kabupaten/Kota di Seluruh Indonesia. Acara terbuka pula bagi dosen, mahasiswa dan umum.

 

Menghadirkan narasumber Peneliti Ahli Utama Pusat Riset Ilmu Politik BRIN dengan materi ”Membangun Desa Inovasi untuk Indonesia Maju dan Sejahtera”; Kepala Pusat Pengembangan Daya Saing Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi – Kemendes PDTT dengan materi ”Desa Cerdas : Akselerasi Membangun Desa untuk Negeri”; serta diisi pula oleh Bupati Konawe Utara, Sulawesi Tenggara, yaitu salah satu Pimpinan Daerah yang memiliki Inovasi Terbaik dalam rangka membangun daerah yang dimulai dengan pembangunan desa inovasi.


Bupati Konawe Utara menceritakan pengalamannya dalam hal penerapan salah satu inovasi Program Pemanfaatan Kebun Pekarangan (P2KP), dengan berpedoman pada Peraturan dan Keputusan Kementerian Desa tentang pemanfaatan/penggunaan dana desa, yaitu untuk penanganan stunting, kemiskinan eksrim dan lain-lain itu 20% dimanfaatkan untuk kegiatan pangan. Dengan pelaksanaan inovasi tersebut, Bupati Konawe mampu meningkatkan dari 0 Desa Maju menjadi 15 Desa Maju; dari 2 Desa Berkembang menjadi 131 Desa Berkembang; dari 138 Desa Tertinggal menjadi 13 Desa Tertinggal; dan dari 19 Desa Sangat Tertinggal menjadi 0 Desa Sangat Tertinggal. Ia yakin untuk membangun Indonesia Emas di tahun 2025 tidak susah, yaitu dengan memulainya dari membangun desa. #Mty.