(0362) 27719
balitbang@bulelengkab.go.id
Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah

MATERIAL KERAS TAMAN KOTA SINGARAJA

Admin balitbang | 07 April 2021 | 330 kali

Penambahan daya tarik bagi pengunjung, suatu taman kota pada umumnya dilengkapi dengan material keras yang menjadi fasilitas taman, seperti kolam, tebing buatan, batuan, jalan setapak, perkerasan, dan lampu taman. Dari lima taman kota yang sudah dibangun, hanya Taman I Gusti Ngurah Rai yang memiliki material keras yang relatif komplit, walaupun kondisi batuannya masih kurang.

 

Empat taman lainnya material keras yang menjadi fasilitas taman belum seperti yang terdapat Taman I Gusti Ngurah Rai. Namun demikian, Taman I Gusti Ngurah Rai  belum dilengkapi dengan tebing buatan sebagai daya tarik taman.

 

Material keras yang sudah ada untuk melengkapi taman kota di Kawasan Perkotaan Singaraja pada umumnya ada dalam kondisi baik. Namun demikian, jika diperhatikan pada masing-masing taman, Taman Soenda Ketjil hanya dilengkapi dengan material keras berupa perkerasan dan lampu taman, sementara Taman Yuwana Asri belum dilengkapi material keras berupa kolam dan tebing buatan. Sempitnya areal taman merupakan salah satu penyebab kedua material keras tersebut tidak dibangun.

 

Pada taman yang masih dalam rencana, Taman Nirmala Asri material keras yang berupa kolam bukan sebagai estetika, melainkan sebagai fasilitas aktif taman untuk para pengunjung berupa kolam renang. Sementara pada Taman Eks BPU belum ada material keras yang dibangun karena masih dalam tahap perencanaan. (Balitbang/21).