(0362) 27719
balitbang@bulelengkab.go.id
Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah

FASILITAS TAMAN KOTA SINGARAJA

Admin balitbang | 07 April 2021 | 557 kali

Taman kota pada umumnya dilengkapi dengan sejumlah fasilitas seperti jogging track, arena skateboard, bangku taman, arena bermain anak, tempat menyusui bayi, toilet, dan gazebo. Fasilitas yang terdapat pada lima taman kota di Kawasan Perkotaan Singaraja yang sudah dibangun masih terbatas. Hanya Taman I Gusti Ngurah Rai memiliki fasilitas yang lebih lengkap dibandingkan dengan empat taman lainnya. Taman Soenda Ketjil bahkan terkesan sebagai areal parkir dan tempat makan.

 

Tabel 4.5 menunjukkan bahwa fasilitas taman yang tersedia pada masingmasing taman kota di Kawasan Perkotaan Singaraja masih terbatas. Keterbatasan fasilitas tersebut menyebabkan diversifikasi fungsi taman juga menjadi terbatas. Namun demikian, seluruh taman yang sudah dibangun dilengkapi dengan toilet dengan kondisi yang masih baik. Sementara fasilitas untuk menyusui bayi dan gazebo belum ada yang dibangun pada kelima taman yang sudah terbangun. Belum adanya fasilitas untuk menyusui bayi menyebabkan para pengunjung yang membawa bayi, aktivitas menyusui akan dilakukan di ruang terbuka. 

 

Fasilitas berupa arena bermain untuk anak-anak hanya dijumpai di Taman Yuwana Asri dengan kondisi baik. Hal ini memberikan kesan bahwa Taman Yuwana Asri adalah taman untuk anak-anak bermain. Di Taman I Gusti Ngurah Rai fasilitas untuk bermain anak-anak juga ada, namun dengan kondisi yang kurang baik. Sementara untuk dua taman yang masih dalam perencanaan belum dilengkapi dengan ketujuh fasilitas tersebut, kecuali Taman Nirmala Asri yang sudah memiliki fasilitas toilet yang diperuntukkan bagi para pengguna kolam renang. (Balitbang/21).