(0362) 27719
balitbang@bulelengkab.go.id
Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah

Agrowisata Pertanian di Desa Pancasari

Admin balitbang | 06 Maret 2023 | 2648 kali

Desa Pancasari sebagai salah satu desa di Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng. Desa Pancasari memiliki produk pertanian unggulan, seperti stroberi dan sayuran dataran tinggi yang dikelilingi bentang alam yang sangat indah. Produk unggulan tersebut kini telah berkembang menjadi wisata petik stroberi.

 

Desa Pancasari terletak di dataran tinggi dengan ketinggian 1000-1100 di atas permukaan laut. Desa terbagi ke dalam empat dusun, diantaranya Dusun Buyan dengan potensi Budidaya Bunga Potong, Budidaya Stroberi (Hulu-Hilir), Ground Camp Buyan (Soewan Garden, Buyan Ground Camp, Strawberry Ground Camp, dan Bentang Alam Danau Buyan Bagian Utara. Dusun Peken dengan potensi Pasar Tradisional Desa Pancasari.


Dusun Dasong dengan potensi Budidaya Sayuran Dataran Tinggi, Sub Terminal Agribisnis (Tempat pengolahan pasca panen tomat dan herb), Ground Camp Dasong (Lingga Yoni Agro), Bentang Alam Danau Buyan Bagian Selatan, dan Peternakan Sapi Bali (Kelompok Tani Ternak Briding Gemuk). Dusun Lalang Linggah dengan potensi Budidaya Stroberi Hamparan, Agrowisata Stroberi (Leon Stroberi, Wiwanda Agro, Kelompok Tani Segening/Hidden Garden), dan Produk Olahan Stroberi (Kelompok Tani Segening). (Jurnal Kelitbangan 2, 2022:36-37).