(0362) 27719
balitbang@bulelengkab.go.id
Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah

Pj. Bupati Buleleng Ingin UMKM Tidak Berhenti Setelah Mendapat Sertifikat HKI

Admin balitbang | 03 April 2024 | 827 kali

Penjabat (Pj) Bupati Buleleng Ketut Lihadnyana sangat apresiasi terhadap program Kemenkumham Bali, dalam memberikan perhatian terhadap Kekayaan Intelektual (KI) yang dimiliki setiap daerah di Bali, termasuk di Kabupaten Buleleng. Namun demikian, secara prinsip Pj. Bupati menegaskan agar UMKM jangan sampai berhenti ketika telah mendapatkan pengakuan sertifikat Hak Kekayaan Intelektual (HKI).

 

Hal itu diungkapkannya di hadapan Kakanwil Kemenkumham Bali, Pramella Yudinar Pasaribu di ruang kerja Kantor Kemenkumham Bali, Selasa (2/4). Lebih jauh, Pj Bupati yang didampingi Kepala Balitbang Inovda Buleleng Made Supartawan, Kabag Prokom Setda Buleleng Nyoman Agus Tri Kartika Yuda, dan Kabag Hukum Setda Buleleng Made Bayu Waringin, menjelaskan bagaimana kemudian setelah pencatatan KI UMKM itu naik kelas. Bukan saja untuk memberikan perlindungan hukum, tetapi juga ekonomi UMKM menjadi lebih meningkat. Pihaknya juga menyatakan siap mendukung program strategis yang dilaksanakan oleh Kemenkumham Bali dalam sosialisasi KI.

 

Sementara Kakanwil Kemenkumham Bali Pramella Yudinar Pasaribu, menyatakan tujuan audiensi dengan Pj. Bupati Buleleng terkait dengan pelaksanaan Kegiatan Mobile Intelektual Property Clinic (MIPC) yang akan diselenggarakan di Kabupaten Buleleng. Menurut Yudinar yang baru dua hari menjabat Kakanwil Kemenkumham Bali, bahwa MIPC yang merupakan program kegiatan menginisiasi terwujudnya layanan KI berlangsung di Buleleng selama tiga hari mulai 20 sampai 22 Mei 2024.

 

Selain diisi dengan seminar sosialisasi manfaat KI dan pelayanan langsung pendaftaran KI, juga akan diiisi dengan pameran UMKM dengan pementasan berbagai kesenian budaya yang telah tercatat sebagai KI Kabupaten Buleleng. Yudinar Pasaribu juga menilai Kabupaten Buleleng dengan berbagai potensi yang dimiliki, telah sangat peduli untuk mendaftarkan KI sebagai potensi yang dimiliki untuk indentitas daerah Buleleng.


Terhadap pelaksanaan kegiatan MIPC ini, Pj. Bupati menyatakan siap mendukung pelaksanaan kegiatan MiPC dengan melibatkan UMKM di Kabupaten Buleleng. #Roy.