(0362) 27719
balitbang@bulelengkab.go.id
Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah

IPKD Buleleng Peringkat Baik

Admin balitbang | 18 Desember 2023 | 736 kali

Senin, 18 Desember 2023 Balitbang Inovda Buleleng mengikuti Webinar Hasil Pengukuran Indeks Pengelolaan Keuangan Daerah (IPKD) Tahun 2023, yang dilaksanakan oleh Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri Kementerian Dalam Negeri. Kegiatan dipimpin Kepala Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri Kemendagri, dan dihadiri oleh unsur pemerintah pusat dan pemerintahdaerah yang menangani urusan penelitian, perencanaan, keuangan, komunikasi dan informatika.

 

Webinar ini dilaksanakan dengan maksud untuk memberikan informasi hasil pengukuran IPKD kabupaten/kota se-Indonesia. Berdasarkan pemetaan pemerintah daerah dalam input data IPKD Tahun 2023, bahwa 370 kabupaten sudah melakukan input data, 4 kabupaten input tidak lengkap, dan 45 kabupaten tidak melakukan penginputan data. Berdasarkan hasil pengukuran IPKD, kategori kabupaten dengan klaster tinggi dan terdapat 12 kabupaten peringkat Baik, 51 kabupaten peringkat perlu perbaikan dan 10 kabupaten sangat perlu perbaikan.

 

Pada kabupaten dengan klaster sedang terdapat 16 kabupaten peringkat Baik, 59 kabupaten peringkat perlu perbaikan dan 16 kabupaten sangat perlu perbaikan. Sedangkan pada kabupaten dengan klaster rendah terdapat 31 kabupaten peringkat Baik, 140 kabupaten peringkat perlu perbaikan, 31 kabupaten sangat perlu perbaikan dan tanpa predikat terdapat 49 kabupaten. Rincian hasil pengukuran akan dishare di grup IPKD provinsi se-Indonesia.


Khusus Kabupaten Buleleng masuk dalam klaster rendah dengan predikat Baik, meningkat dari hasil penilaian tahun lalu (perlu perbaikan). Namun dalam webinar tidak disampaikan nilai masing-masing kabupaten/kota, karena akan dishare di grup IPKD provinsi yang selanjutnya akan ditetapkan dengan Keputusan Gubernur untuk hasil penilaian kabupaten/kota. #Anw.