(0362) 24457
balitbang@bulelengkab.go.id
Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah

Balitbang Bahas Mekanisme Penilaian Lomba Kreasi Inovasi 2022

Admin balitbang | 02 Agustus 2022 | 71 kali

Selasa, 2 Agustus 2022, bertempat di Ruang Rapat Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah Kabupaten Buleleng, diselenggarakan Rapat Koordinasi membahas Kriteria dan Mekanisme Penilaian Lomba Kreasi Inovasi Tingkat Kabupaten Buleleng Tahun 2022. Kegiatan ini dibuka oleh Drs. Made Supartawan, MM selaku Kepala Balitbang Inovda Kabupaten Buleleng, serta dihadiri oleh Bagian Organisasi Setda, DPMD, dan Tim Juri Lomba dari Perguruan Tinggi di Kabupaten Buleleng, diantaranya Undiksha, STAHN Mpu Kuturan, dan Universitas Panji Sakti.

Dr. I Nyoman Tika, M.Si., selaku Tim Juri Lomba dari Undiksha  menegaskan tentang kesepakatan parameter dan kriteria penilaian dari inovasi Pemerintah Daerah, dan Masyarakat yang sudah masuk dari Bulan Januari 2022 melalui Google Form. Sesuai dengan kesepakatan bersama, ada tujuh kriteria yang menjadi acuan dalam proses penilaian, diantaranya pembaharuan seluruh atau sebagian unsur dari inovasi, manfaat bagi daerah dan/atau masyarakat, pembebanan dan/atau pembatasan pada masyarakat yang tidak sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang menjadi kewenangan daerah, kemudahan direplikasi, diterapkan/diimplementasikan minimal selama 2 tahun, serta pembiayaan inovasi.

Jadwal kegiatan penilaian rencananya akan diselenggarakan kurang lebih 1 bulan, yang dilaksanakan oleh Tim Juri untuk memperoleh 10 inovasi terbaik. Selanjutnya akan diselenggarakan peninjauan langsung ke lokasi inovasi untuk memperoleh inovasi yang berkualitas, dan bisa dipertanggungjawabkan. (Wicaksana).