(0362) 24457
balitbang@bulelengkab.go.id
Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah

WEBINAR IDSD DAN LAUNCHING SEMINAR INTERNASIONAL

Admin balitbang | 25 Maret 2021 | 391 kali

Rabu, 24 Maret 2021 Balitbang Buleleng ikuti webinar dalam rangka Rakor Indeks Daya Saing Daerah (IDSD), dan Launching Seminar Internasional dengan Proseding dan Journal Terindeks Scopus 2021. Acara dimoderatori oleh Prof. Dr. Saratri Wilonoyudho, M.Si., dari Unnes, dan tiga narasumber, diantaranya Dr. Anang Wahyu Sejati, ST.,MT. (Undip), Dr. Muhamad Amin, ST.,MMSI. (Kemenristek BRIN), dan Ir. Holi Bina Wijaya, MUM (Undip).

 

Beberapa hal yang disampaikan antara lain, Teknis Pelaksanaan Seminar Internasional “Geospatial Technologies, Spatial Planning and Regional Development in Pandemic Era” terindeks Scopus. Tema dan Topik yang relevan, meliputi Application of Geospatial Technology, Urban and Regional Resilience, Regional and Rural Development, Urban and Regional Infrastructures, Development Technologies, dan Regional Supply Chain. Pelatihan Penulisan Ilmiah Standar Paper Internasional, langsung dipandu oleh Editor Jurnal Geoplanning (Sinta 1, Terindex Scopus). Pelatihan pengelolaan jurnal bagi jurnal-jurnal yang akan ikut menjadi display paper ditiap topic conference. Acara pendampingan akan dilaksanankan pada bulan Mei, dan Info regristrasi pendampingan akan dilaksanakan bulan April.

 

Evaluasi dan Rencana Pengukuran IDSD tahun 2021, meliputi Pemetaan Ekosistem Inovasi dalam IDSD pada 301 Pemerintah Daerah yang terdiri dari 31 Provinsi, 216 Kabupaten, dan 54 Kota. Sinkronisasi Indikator IDSD dan Permendagri Nomor 86 Tahun 2017 (3 Aspek, 410 indikator). IDSD terdiri dari 4 Aspek, 12 Pilar, 23 Dimensi, dan 97 Indikator. Empat Aspek tersebut diantaranya, Aspek Ekosistem Inovasi, Aspek Penguat, Aspek SDM, dan Aspek Pasar. Faktor keberhasilan Pemda dalam melakukan Pemetaan IDSD wajib didukung oleh beberapa hal, seperti Administrasi, Teknis Operasional, Manajerial, Veri-Vali, dan Pelaporan. (Mira Triyulia/Balitbang/21).