(0362) 24457
balitbang@bulelengkab.go.id
Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah

Bimtek Aplikasi Srikandi

Admin balitbang | 27 Juni 2022 | 369 kali

Senin, 27 Juni 2022, Balitbang Buleleng yang diwakili staf, Putu Muliastrawan dan Kadek Arnawa, mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) aplikasi Srikandi secara daring menggunakan aplikasi zoom meeting. Acara dibuka oleh Direktur Kearsipan Daerah, Rudi Anton, SH.,MH.

Dalam sambutan, Rudi menyampaikan bahwa dengan adanya aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (Srikandi), diharapkan mampu meningkatkan pemahaman kapasitas dan keterampilan Aparatur Sipil Negara, pada Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Melalui kearsipan berbasis digital arsip dapat terekam dengan baik, sehingga nantinya akan terwujud akuntabilitas dan memori kolektif bangsa dalam SPBE. Srikandi sebagai aplikasi umum, maka tidak ada lagi Kementerian/Lembaga/Instansi Pemerintah yang membangun aplikasi kersipan sendiri. Karena proses bisnis, standar data dan keamanan datanya sudah terstandar dan terintegrasi.

Rudi juga menambahkan bahwa pada aplikasi terdapat fitur pemeliharaan arsip untuk menjaga tetap autentik, utuh dan terpercaya. Di dalam aplikasi ini juga terdapat fitur penggunaan arsip oleh yang berhak, serta fitur penyusutan arsip yang meliputi pemindahan dan pemusnahan arsip. Adapun penggunaan aplikasi Srikandi sebagai aplikasi umum instansi pemerintah, dinilai sebagai bentuk peningkatan kualitas dalam bidang kearsipan serta mengoptimalkan dalam melindungi kepentingan hak data rakyat. (Muli).