(0362) 24457
balitbang@bulelengkab.go.id
Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah

Webinar Peringatan Hari Statistik Tahun 2021

Admin balitbang | 23 September 2021 | 222 kali

Melalui zoom meeting, Balitbang Buleleng ikuti webinar dalam rangka peringatan Hari Statistik 2021. Dalam webinar yang berlangsung hari ini (23/9), Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Buleleng, Made Bimbo Abdi Suardika, SE.,M.AP., memaparkan beberapa hal penting.

 

Hal penting tersebut diantaranya Satu Data Indonesia (SDI). SDI adalah kebijakan Tata Kelola Data pemerintah untuk menghasilkan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dapat dipertanggungjawabkan, mudah diakses, dan dibagipakaikan antar Instansi Pusat dan Instansi Daerah melalui pemenuhan Standar Data, Metadata, Interoperabilitas Data, dan menggunakan Kode Referensi dan Data Induk. Tujuan SDI yaitu untuk menghasilkan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dapat dipertanggungjawabkan, dan mudah diakses.

 

Peran tandar data dan metadata statistik dalam peningkatan kualitas data statistik, meliputi;  1) Sebagai dasar penyusunan kebijakan rencana pembangunan nasional/daerah; 2) Sebagai panduan dalam pelaksanaan pembangunan agar sejalan dengan indikator-indikator yang telah ditetapkan; 3) Evaluasi hasil pencapaian pembangunan; 4) Sebagai acuan  dalam menentukan batasan-batasan dalam pembangunan.

 

Hal penting lainnya juga dibahas terkait Desa Cinta Statistik (Desa Cantik). Desa Cantik adalah program pembinaan dari BPS untuk menumbuhkan kesadaran aparatur desa, bahwa dengan data, desa secara mandiri bisa mensejahterakan masyarakatnya. (Wicaksana/Balitbang/21).