(0362) 24457
balitbang@bulelengkab.go.id
Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah

Peringati HKBN Balitbang Gelar Simulasi Siaga Bencana

Admin balitbang | 26 April 2022 | 8028 kali

Simulasi ini sebagai persiapan awal dalam membentuk kesiagaan diri ketika terjadi bencana. Tanggap dan paham terhadap apa yang mesti dilakukan adalah tujuan utama dari setiap simulasi bencana.

Simulasi digelar dalam rangka peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) Tahun 2022, yang jatuh pada hari ini, Selasa (26/4). Bertempat di kantor Balitbang Buleleng, salah satu simulasi yang dilaksanakan adalah siaga bencana gempa bumi, dengan diikuti seluruh pegawai.

Proses simulasi dimulai dari titik paling krusial, yaitu di lantai 3 gedung kantor menuju titik aman di halaman depan. Berdasarkan rencana, beberapa pegawai yang berada di lantai 3 akan berlari dengan tenang menuju titik aman disertai melindungi kepala dari kemungkinan reruntuhan dengan meletakkan tas, buku, benda lain atau tangan di atas kepala. Apabila ada ibu hamil, anak-anak, dan orang tua, maka harus dievakuasi bersamaan supaya bisa keluar dan selamat bersama.

Pada kegiatan ini, seluruh pegawai terlibat aktif dan bersimulasi sesuai rencana. Sebagaimana instruksi Kepala Balitbang, Drs. Made Supartawan, M.M., saat memimpin apel pagi Senin kemarin, simulasi agar dilakukan dengan sungguh-sungguh seperti sedang terjadi bencana sungguhan. "Harapannya, ketika terjadi bencana kita tidak panik dan bisa mengambil langkah tepat dalam menyelamatkan diri", ungkap Supartawan. (Wayan).