(0362) 24457
balitbang@bulelengkab.go.id
Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah

Balitbang Monev Data Sensus Desa Adat di Tejakula

Admin balitbang | 04 November 2021 | 142 kali

Kamis, 4 Nopember 2021, Balitbang Buleleng melaksanakan kegiatan monev percepatan penginputan data sensus desa adat di wilayah Tejakula, di Desa Adat Tembok dan Desa Adat Sambirenteng. Dimana dalam aplikasi sensus masih dalam posisi rendah yaitu 11,76% dan 23,53%. Dalam monev didampingi oleh Kasi Sosbud Kecamatan Tejakula, dan di Desa Adat Tembok dan Sambirenteng diterima langsung oleh kelian desa adat dan petugas IT nya.


Permasalahan yang ada yaitu: 1) di Desa Adat Tembok belum lengkapnya data dukung seperti SK masih dalam perampungan, karena sinyal wifi yang kurang bagus, masih ada kesibukan di desa adat seperti piodalan, dan tidak ada pendamping dalam penginputan; 2) di Desa Adat Sambirenteng masih menunggu perampungan SK, karena ada pergantian kelian desa adat, data krama sulit didapat karena wilayah yang luas dan berada di daerah terpencil.


Solusi yang dapat diberikan, penyuluh bahasa Bali sudah bersedia untuk membantu dalam penginputan dan penginputan akan di lakukan di kantor camat tejakula.


Monev juga berlanjut ke Desa Adat Keduran, Desa Adat Sembiran, Desa Adat Gentuh, dan Desa Adat Sangambu, bertempat di kantor Camat Tejakula. Dalam monev dihadiri oleh Bendesa Adat Keduran, Gentuh, Sembiran, dan Prajuru Desa Adat Sangambu serta tenaga IT masing-masing.  Dimana desa adat tersebut yang masih pososisi rendah yaitu 17,65%, 26,47%, 17,65%, dan 20,59%.


Permasalahan yang dihadapi yaitu belum lengkapnya data dukung seperti SK dan data krama, belum paham dalam pengisian penginputan data sensus, serta sinyal wifi yang kurang baik. Selanjutnya sudah difasilitasi oleh penyuluh bahasa Bali yang bertugas di desa adat dalam penginputan dan penyiapan data dukung desa adat yang bersangkutan dan desa adat yang sinyal wifi kurang baik akan difasilitasi untuk menginput di kantor Camat Tejakula. (Dipta/Balitbang/21).