(0362) 24457
balitbang@bulelengkab.go.id
Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah

Pemkab Buleleng Tingkatkan Pelayanan Melalui Optimalisasi Website

Admin balitbang | 21 Februari 2022 | 10225 kali

Website sebagai situs resmi yang dimiliki Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng, perlu dioptimalkan guna meningkatkan kualitas penyajian informasi. Begitu pula pada sub domain yang dikelola masing-masing perangkat daerah. Mengingat website dan sub domainnya merupakan jalur cepat yang bisa diakses publik dalam menggali informasi.

 

Poin tersebut disampaikan Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian, dan Statistik (Kominfosanti) Kabupaten Buleleng, Ketut Suwarmawan, S.STP.,M.M., saat memimpin rapat koordinasi pengelolaan website, secara virtual, Senin (21/2). Dalam sambutannya, Suwarmawan juga mempertegas bahwa website sangat berkaitan dengan pelayanan publik, jadi keakuratan data yang disajikan sangat penting. Selain data yang akurat, penyajian hendaknya memperhatikan ketentuan kelayakan, khususnya pada konten berita, ketentuan 5W 1H serta ejaan yang lugas akan menentukan sejauh mana kualitas berita tersebut. Dengan mengutamakan keakuratan data, tentunya akan mendukung pelaksanaan e-government Pemkab Buleleng. Demikian pula pada konten-konten yang lain, dengan harapan publik merasa puas dan meningkatnya kualitas pelayanan.

 

Kepala Dinas yang didampingi Kepala Bidang Tata Kelola dan Sumber Daya Manusia Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik, Ngakan Gde Dwi Dharma Yudha, S.E.,M.A.P., menyampaikan beberapa teknis pengelolaan website. Terutama pada isi konten hendaknya memuat kegiatan yang mendukung pemerintahan. Dharma Yudha kembali menegaskan bahwa website telah diserahkan pengelolaannya kepada masing-masing instansi, namun penekanannya tetap mengacu pada kualitas serta keakuratan isi konten.


Pada rapat yang dihadiri para operator se-Kabupaten Buleleng, operator Kominfosanti, Kadek Heri Purwanto, memperkenalkan beberapa website baru yang sudah aktif pada perusahaan daerah dan kelurahan. Kepada operator baru yang belum paham terkait teknis pengelolaan, diharapkan segera berkoordinasi ke Kominfosanti. Penekanan Heri juga tertuju pada kreativitas dalam update konten, seperti desain slider, foto, dan video agar dengan kualitas yang bagus. Konten yang menarik sangat diperlukan agar menjadi daya tarik publik, dan memberikan sinergi kepada masyarakat.


Keamanan situs juga menjadi bagian yang sangat penting, disampaikan operator teknis, Aat Rayudha. Mengutip dari G.J. Simons, Rayudha menjelaskan bahwa menjaga keamanan adalah mendeteksi pihak tidak berwenang yang berniat menyalahgunakan data pribadi maupun instansi. Ancaman hacker bisa saja datang, tetapi dengan menjaga kerahasiaan data, kemungkinan kena hacker sangat kecil. Khususnya ketika login agar jangan pernah menyimpan password pada perangkat atau klik never. Kategori password yang aman adalah kombinasi antara huruf, angka, dan simbol serta menjaga kerahasiaannya. Sebab banyak kejadian masyarakat kena hacker karena password yang mudah terlacak. (Wayan/Balitbang/22).