(0362) 24457
balitbang@bulelengkab.go.id
Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah

FGD II Kajian Strategi Sektor Ketenagakerjaan di Masa Endemi

Admin balitbang | 29 Juni 2022 | 57 kali

Rabu,  29 Juni 2022, bertempat di Ruang Rapat Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah Kabupaten Buleleng dilaksanakan Focus Group Discussion (FGD II), Kajian Efektivitas dan Strategi Kebijakan Pemerintah Kabupaten Buleleng pada Sektor Ketenagakerjaan di masa pandemi dan endemi covid-19.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah Kabupaten Buleleng, Drs. Made Supartawan, MM., dan sebagai narasumber Bapak Dr. Gede Adi Yuniarta, SE.,AK.,M.Si yang merupakan Tenaga Ahli dari Universitas Pendidikan Ganesha. Sedangkan peserta diantaranya dari Disnaker, Bappeda, Tim Pengendali Mutu dari LPPM Undiksha, LPPM Unipas, dan P3M STAH N Mpu Kuturan, APINDO, SPSI, BPJS Ketenagakerjaan, Sekretaris Balitbang serta Para Kepala Bidang dan Peneliti Ahli Muda di Lingkup Balitbang Inovda Buleleng.

Supartawan dalam sambutannya menyampaikan FGD ke-2 ini merupakan tahap akhir dalam penyusunan kajian yang sudah dilaksanakan selama 90 hari dari bulan april. Tujuan FGD ini adalah mendapatkan saran dan masukan terkait dengan rekomendasi dari hasil penelitian bidang ketenagakerjaan, sehingga apa yang nanti menjadi keluaran/output bisa bermanfaat  dalam pengambilan kebijakan tentang ketenagaakerjaan, khususnya bagi Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Buleleng.

Dalam paparannya, Adi Yuniarta menyampaikan hasil penelitian dari beberapa dimensi efektivitas secara keseluruhan berada pada posisi efektif, serta dipaparkan terkait dengan kondisi pekerja dan kondisi pengangguran. Berdasarkan hasil penelitian dan FGD minggu kemarin dihasilkan 8 point rekomendasi kebijakan di bidang ketenagakerjaan.

Selanjutnya dilaksanakan diskusi guna mendapatkan saran dan masukan untuk menyempurnakan hasil kajian khusunya pada rekomendasi kebijakan.  (Sucika).