(0362) 24457
balitbang@bulelengkab.go.id
Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah

Hormati Alam Sekitar, Pemkab Buleleng Peringati Hari Tumpek Uye Dengan Upacara Danu Kerthi di Danau Tamblingan

Admin balitbang | 29 Januari 2022 | 50201 kali

Perayaan Hari Tumpek Uye yang berlangsung setiap enam bulan sekali, tepatnya pada Sabtu Kliwon Wuku Uye, merupakan wujud penghormatan masyarakat Hindu kepada alam sekitar, khususnya binatang. Upacara ditujukan kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa sebagai Sang Hyang Siwa Pasupati yang disebut Rare Angon, sang penggembala segala jenis binatang. Dengan melaksanakan upacara ini, berarti kita telah memuliakan ciptaan-Nya yang menjadi bagian penting dalam kehidupan.

Danau Tamblingan yang berlokasi di Desa Munduk, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng menjadi tempat yang dipilih Pemkab Buleleng untuk memperingati Hari Tumpek Uye yang berlangsung hari ini (29/1). Pemilihan lokasi di danau Tamblingan dikarenakan perayaan Tumpek Uye dirangkaikan dengan Upacara Danu Kerthi. Sebagaimana Instruksi Gubernur Bali Nomor 01 Tahun 2022 tentang Perayaan Rahina Tumpek Uye dengan Upacara Danu Kerthi sebagai pelaksanaan Tata-Titi kehidupan masyarakat Bali, berdasarkan nilai-nilai kearifan lokal Sad Kerthi dalam era baru.

Danu Kerthi sebagai salah satu bagian dari Sad Kerthi Loka Bali yang menjadi program Gubernur Bali. Tujuan upacara ini adalah untuk memohon agar sumber-sumber mata air seperti danau, sungai, dan sumber lainnya yang menjadi sumber kehidupan semua makhluk tetap ada dan lestari.

Prosesi acara dimulai dari menghaturkan sarana upacara oleh Ida Pedanda dan Pamangku Pura setempat, persembahyangan bersama, dan pelepasan sejumlah binatang ke alam liar. Pelepasan binatang dipimpin langsung Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana, S.T., didampingi Wakil Bupati, dr. I Nyoman Sutjidra, Sp.OG., dan para pejabat lainnya. Acara melepas binatang sebagai bentuk kepedulian terhadap kebebasan hidup binatang, yang pada hakekatnya binatang juga menginginkan kebebasan hidup sesuai dengan alamnya.

Selain bersama seluruh instansi, kecamatan, dan BUMD, tanpa terkecuali Balitbang Buleleng yang dipimpin Sekretaris, Made Suharta, S.Kom., M.A.P., pelaksanaan upacara juga diikuti oleh para Prajuru serta tokoh masyarakat Desa Munduk, Desa Gesing, dan Desa Gobleg serta Pamangku Pura di Desa Adat Tamblingan. (Wayan/Balitbang/22).