(0362) 27719
balitbang@bulelengkab.go.id
Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah

PETANI DI BULELENG

Admin balitbang | 05 Juli 2022 | 1210 kali

 

Penyebaran kuesioner secara manual dilakukan kepada responden produsen yakni para petani yang ditargetkan sebanyak 200 orang melalui tatap muka langsung yang dibantu oleh tenaga pencacah/pengumpul data. Penelitian difokuskan pada pengharapan petani untuk memulai penjualan online dan antisipasi permasalahan yang akan muncul dari sudut pandang petani.

 

Pengharapan petani yang paling menjadi prioritas jika mereka menggunakan aplikasi penjualan secara online adalah mereka sepakat akan kemudahan dalam penerimaan pembayaran. Pengharapan berikutnya yang menjadi prioritas adalah kemudahan dalam menggunakan aplikasi termasuk sedikit tampilan menu/simple sehingga tidak membingungkan. Petani juga memprioritaskan keamanan data pribadi mereka dalam aplikasi penjualan online serta pengharapan keterjaminan pola pengiriman sehingga tidak direpotkan dengan pengiriman produk ke konsumen.

 

Terkait dengan antisipasi permasalahan yang akan muncul dari sudut pandang petani adalah pengharapan kepastian pasar sebesar 68%. Permasalahan perangkat dan jaringan internet dan ternyata ada juga petani dan jumlah cukup besar 42% responden mempermasalahkan pengemasan. (Balitbang/21).