(0362) 27719
balitbang@bulelengkab.go.id
Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah

TINGKAT KEPERCAYAAN MASYARAKAT TERHADAP SISTEM BELANJA ONLINE DI BULELENG

Admin balitbang | 05 Juli 2022 | 1231 kali

 

Persepsi responden terhadap kepercayaan produk pertanian yang dijual secara online tersaji pada gambar 5.6. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kepercayaan masyarakat cukup rendah terhadap produk pertanian yang dijual secara online yakni : 12% sangat percaya akan kualitas produk, 18% percaya, 52% kurang percaya, 16% tidak percaya dan 2% menyatakan sangat tidak percaya. Persepsi responden terakumulasi terbesar pada 52% kurang percaya. Diperlukan banyak upaya untuk meningkatkan persepsi masyarakat terkait kualitas produk dan kepercayaan sistem penjualan terkait kebenaran produk. Persepsi responden terhadap kepercayaan terhadap pelaku/penjual produk pertanian yang dijual secara online tersaji pada gambar 5.7.

 

Berdasarkan gambar 5.7 menunjukkan bahwa tingkat kepercayaan masyarakat juga cukup rendah terhadap pelaku/penjual produk pertanian yang dijual secara online yakni: 20% sangat percaya akan kualitas produk, 34% percaya, 42% kurang percaya, 4% tidak percaya dan 0% menyatakan sangat tidak percaya. Persepsi responden terakumulasi terbesar pada 42% kurang percaya. Memang jika dibandingkan dengan tingkat kepercayaan terhadap produk maka kepercayaan responden kepada pelaku/penjual lebih tinggi, namun masih diperlukan upaya untuk meningkatkan persepsi  masyarakat  terkait   pelaku/penjual   produk   hasil   pertanian   secara  online. (Balitbang/21).