(0362) 24457
balitbang@bulelengkab.go.id
Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah

SKALA KEMUDAHAN PENGGUNAAN APLIKASI BELANJA ONLINE DI BULELENG

Admin balitbang | 04 Juli 2022 | 1375 kali

 

Kuisioner ini dilakukan multiple acak setiap skala kemudahan ditanyakan skala prioritasnya. Hasil olah data dari kuesioner yang telah disebar menunjukkan skala prioritas responden seperti pada gambar 5.8. Berdasarkan hasil analisa data menunjukkan bahwa skala kemudahan yang menjadi pengharapan konsumen akan aplikasi yang tersedia adalah kemudahan dalam proses pengiriman barang, kemudian kemudahan proses pembelian/pembayaran produk, kemudahan informasi produk dan terakhir yang menjadi skala kemudahan adalah pemesanan produk. Hasil ini menunjukkan bahwa keempat kemudahan ini menjadi skala paling prioritas yang diharapkan oleh konsumen sehingga ada baiknya menjadi bahan pertimbangan dalam memngembangan program aplikasi.

 

Persepsi selanjutnya adalah terkait skala kualitas informasi dalam menggunakan aplikasi yang diharapkan bisa disediakan dalam sistem pembelian online yang digunakan. Kuisioner ini dilakukan multiple acak setiap skala kemudahan ditanyakan skala prioritasnya. Hasil olah data dari kuesioner yang telah disebar menunjukkan skala prioritas responden seperti pada gambar 5.9. Berdasarkan hasil analisa data menunjukkan bahwa pengharapan responden akan kualitas informasi sistem pembelian online yang menjadi pengharapan konsumen akan aplikasi yang tersedia adalah kualitas informasi produk lengkap, kualitas akan kandungan informasi yang ada dalam aplikasi, kualitas informasi yang sesuai dengan harapan konsumen dan informasi produk yang akurat.

 

Berdasarkan hasil analisa data menunjukkan bahwa informasi terkait kelengkapan produk yang dijual menjadi hal yang paling prioritas termasuk juga kualitas informasi lainnya seperti akurasi informasi produk yang ditawarkan dan kesesuaian informasi terhadap harapan dari pengguna. Sebenarnya hasil ini menunjukkan bahwa keempat kualitas informasi ini menjadi skala paling prioritas yang diharapkan oleh konsumen sehingga ada baiknya menjadi bahan pertimbangan dalam mengembangan program aplikasi. Pengharapan konsumen berikutnya adalah pengharapan akan harga produk dan hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumen sepakat pengharapan harga online harus lebih mudah dibandingkan dengan harga di pasar/toko. Selain itu konsumen juga sepakat dengan pengharapan sistem pembayaran yang aman. (Balitbang/21).